Tuesday 9 July 2013

Kencur


Kencur, Multi manfaat
Para ibu tidak akan asing lagi mendengar nama tanaman  yang satu ini. Kencur atau dalam ba­hasa Sundanya cikur, biasa dipakai sebagai bumbu utama berbagai makanan khas seperti cobek, tirap, karedok, lotek, sambal tempe, dan sebagainya. Ternyata si mungil yang memiliki keharuman yang khas ini tidak bermanfaat di dapur saja, namun ia bisa kita manfaatkan sebagai obat. Misalnya, asma dan rematik. 
Bagi Anda yang memiliki asma, tips berikut ini ada baiknya dicoba. Kencur diparut, kemudian airnya diperas. Perasan tersebut dicampur dengan 2 sendok makan madu dan sebutir telur ayam kampung. Cam­puran tersebut dikocok - kocok, kemudian diamkan sebentar, baru diminumSementara itu, Anda yang memiliki rematik, bisa ramuan sebagai berikut. Satu ons kencur dirajang, satu ons beras digerus, setengah ons biji kedawung dan setengah ons jahe dirajang. Semua bahan direbus hingga mendidih. Setelah diangkat, ditunggu sampai hangat, kemudian disaring hingga satu gelas ditambah jeruk nipis dan dua sendok teh madu. Ramuan ini diminum dua kali sehari masing - ­masing sebanyak setengah gelas.
Sudah tidak asing pula apabila kita mendengar " beras kencur " atau beas bikur  ( dalam bahasa Sun­da ). Ya, beras kencur dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk luka memar ( luka yang tidak terbuka ); ke­seleo, pegal - pegal, ataupun bengkak. Caranya, de­ngan menumbuk segenggam beras dengan kencur secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang memar atau yang keseleo lalu dibalut. Lakukan sampai memar / keseleo sembuh.
KLIK DISINI Untuk Baca Selenkapnya dalam format Pdf. 

No comments:

Post a Comment