Saturday 1 June 2013

Bayam Merah

Manfaat Bayam Merah

Tanaman atau sayuran bayam yang biasa kita konsumsi sebagai salah satu menu makan kita ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kita. jenis sayuran yang mempunyai tiga varietas ini yaitu diantaranya bayam hijau biasa, bayam merah dengan nama ilmiah Blitum rubrum, yang batang dan daunnya berwarna merah dan bayam putih dengan nama ilmiah Blitum album, yang daun dan batangnya berwarna hijau keputih-putihan. Ada pula jenis bayam lainnya misalnya bayam duri, bayam kakap, bayam kotok atau yang biasa disebut dengan bayam tanah. Selain sebagai pelengkap hidangan pada menu makanan anda, bayam juga mempunyai khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenisnya adalah bayam merah. Bayam yang mempunyai ciri-ciri :
  1. Batang dari tanaman bayam merah ini mempunyai tinggi 0,4-1 m dan bercabang. Batangnya sangat lemah dan berair.
  2. Daun dari tanaman bayam merah ini berbentuk bulat seperti telur, lemas dan memiliki panjang 5-8 cm. Ujung dari daun bayam ini tumpul dan mempunyai pangkal yang berwarna merah.
Beberapa kandungan zat kimia yang terdapat di dalam Bayam Merah : Perlu diketahui bahwa di dalam bayam merah terkandung berbagai zat penting yang baik untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya: protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin dan beberapa vitamin seperti A, B dan C. Berikut adalah khasiat dari Bayam Merah atau Blitum rubrum.
Khasiat dari tanaman bayam merah
Secara umum khasiat yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi bayam merah adalaha dapat membantu untuk meningkatkan daya kerja organ ginjal kita dan membantu juga dalam melancarkan pencernaan. Sedangkan akar dari bayam merah sendiri sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

__Baca Artikel Lengkapnya dalam Format PDF DISINI___

No comments:

Post a Comment