Monday 24 June 2013

Jangan Sepelekan kaki Kesemutan

Jangan Sepelekan kaki Kesemutan

Tiba-tiba pandangan anda buram atau gelap. Kaki kesemut­an, sulit buang kecil, atau susah buang air besar. Sebaiknya jangan menyepelekan gejala tersebut. Segeralah temui dokter.
Di sebagian besar negara Eropa dan dataran Amerika, gejala klinis tersebut bisa jadi merupakan indi­kasi serius penyakit multiple scle­rosis (MS). MS adalah suatu penyakit yang menyerang susunan syaraf pusat yang berada di otak, tulang belakang, dan syaraf optik ( mata ).
Menurut ahli syaraf dari Uni­versitas Indonesia, Jusuf Misbach, kendati MS bukan merupakan je­nis penyakit yang bisa mengaki­batkan kematian penderitanya, namun MS mampu secara ber­kesinambungan membuat pende­ritanya cacat seperti permanen.
"Beberapa pasien bahkan sudah menunjukkan kerusakan syaraf yang signifikan pada waktu me­reka pertama kali memperlihat­kan gejala MS," ujar Jusuf dalam media edukasi paparan hasil studi terbaru. penyakit MS di Jakarta, Rabu (13/6).
Dalam Skala yang relatif, bisa cepat atau lambat, lanjut Jusuf, MS mampu menurunkan secara drastis kemampuan syaraf menja­lankan fungsinya. "Inilah yang akan berakumulasi menyebabkan kecacatan pada waktu mendatang."
Jusuf menjelaskan, MS sejatinya tergolong penyakit autoimunitas atau penyakit yang ditimbulkan akibat antibodi yang dihasilkan tubuh. Tapi antibodi ini sifatnya merusak hubungan syaraf-syaraf karena terkena infeksi virus.

3 comments: