Thursday 13 June 2013

Gegar Otak


Gegar Otak
Endi mendapat benturan keras saat terjegal saat bermain bola. Untuk beberapa saat ia merasa sedikit aneh. Kemudian ia berpikir apa yang ia rasakan sama seperti saat kepalanya terbentur ringan. la lalu ingin tetap bermain. Setelah pertandingan selesai, ia merasa sakit yang cukup mengiris. Endi mungkin saja mengalami gegar otak dan suatu ide yang buruk bagi dirinya untuk tetap bermain.

Apa sih gegar otak?
Otak kita terbangun dari lembaran - lembaran tisu halus dan dilindungi oleh bantalan - bantalan cairan spinal yang akan melin­dungi tulang tengkorak bila mengalami benturan hebat. Saat individu mengalami luka di bagian kepala, otak juga teraduk­ - aduk bahkan bisa membentur tulang tengkorak. Hal ini akan membuat otak menjadi memar, menggores pembuluh darah, dan mengakibatkan luka pada urat saraf.
Jika ini terjadi, individu mengalami gegar otak, hilangnya fungsi normal otak sementara. Kebanyakan individu yang meng­alami gegar otak dapat kembali normal dengan perlakuan yang memadai. Tapi, penting untuk mengambil tindakan yang tepat jika kamu diduga mengalami gegar otak, karena hal ini bisa menjadi serius.
Gegar otak dan cedera otak lainnya adalah hal umum. Di Amerika Serikat, bahkan hampir tiap 21 detik, satu individu mengalami luka otak serius. Yang biasa menyebabkan otak terluka adalah luka akibat olahraga. Olahraga seperti sepak bola, tinju, dan hoki, berisiko tinggi menyebabkan gegar otak meskipun individu telah menggunakan alat pelindung.

__  BACA ARTIKEL LENGKAPNYA DALAM FORMAT PDF  ___

1 comment: