Friday 7 June 2013

Kenali Diabetes


Kenali Diabetes
Diabetes bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang batas usia. Namun, faktor utamanya, kata dr Ari Fahrial Syam SpPD K-GEH MMB, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Islam cempaka Putih, Jakarta Pusat, adalah orang yang suka makan banyak dan makanan manis.
Bagaimana mengenali penyakit diabetes? Ari menyarankan agar dilakukan deteksi secara dini. "Pengecekan kadar gula darah hanya bisa dilakukan di laboratorium. Karena itu, ada baiknya sekali dalam setahun untuk melakukan kontrol, atau lima tahunan," jelasnya.
Tujuan pengecekan agar kadar gula darah terkontrol dan tetap berada pada batas normal. " Sebab, banyak orang yang kelihatan­nya sehat, namun begitu dites kadar gula darahnya, ternyata yang bersangkutan menderita diabetes," ujar Ari.
Lalu, apakah kalau kencing seseorang disemuti, itu pertanda orang itu menderita kencing manis ( diabetes )? Ari menegaskan, apabila kondisinya sudah demikian, orang tersebut sudah menderi­ta penyakit diabetes mellitus. " Pengecekan dengan cara ini sebe­narnya sudah terlambat, karena tipe-nya sudah cukup parah," jelas­nya. " Mereka yang suka makan, suka minum ( gampang haus ) dan suka buang air kecil atau 3P, memiliki tanda menderita diabetes."
Tanda – Tanda Diabetes : 3P
Makanan yang enak dan lezat menjadi dambaan setiap orang. Namun, tidak semua yang enak dan lezat bermanfaat bagi tubuh. " Berbagai jenis penyakit yang siap mengge­rogoti tubuh kita kebanyakan berasal dari makanan. Istilahnya, makanan merupakan sumber dari segala penyakit," kata dr Ari Fahrial Syam SpPD, K-GEH MMB, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, kepada Republika. " Karena itu, kita yang harus memilah - milahnya dengan baik dan benar."
Salah satu jenis penyakit yang bersumber dari makanan, kata Ari, adalah penyakit diabetes. " Mengonsumsi terlalu banyak lemak dan jeroan dapat meningkatkan kolesterol, atau gula darah," jelas dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ( FKUI ) ini.
---Artikel Lengkapnya dalam format PDF dapat dibaca DISINI ____

1 comment: