Saturday 18 May 2013

Agar Asam Urat tidak Kumat



Agar Asam Urat Tak Kumat
 Kesehatan mahal harganya. Bukan dari segi materi tetapi harga kesehatan sangat tak ternilai harganya. Karena itu, siapa pun tentu tidak ingin mengalami sakit. Namun, bila tidak menjaga kesehatan, makan sembarangan dan malas berolahraga, bersiaplah menghadapi akibatnya.
"Pada dasarnya untuk sehat itu tidak sulit dan tidak perlu harus mengeluarkan biaya yang mahal. Asal rajin berolahraga, pola makan diatur dan mengelola gaya hidup yang sehat, niscaya kesehatan akan mudah dida­patkan," jelas dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH MMB, Divisi Gastroenterologi, Dept Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Jakarta kepada Republika, Jumat (27/6) di Jakarta.
Namun, karena kurang memelihara kese­hatan dan tidak menjaga pola makan dengan baik, maka berbagai jenis penyakit pun akan bermunculan dan siap menyerang tubuh. Salah satu jenis penyakit yang dialami orang dewasa adalah asam urat (gout).
"Asam urat terjadi karena rendahnya asupan zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Kemudian diperparah dengan kurangnya ber­olahraga atau terlalu banyak duduk," jelasnya.
Ari menyebutkan, kadar normal asam urat dalam darah pria harusnya kurang dari tujuh dan pada wanita enam. "Bila lebih dari itu, apalagi sangat tinggi, itu bisa berbahaya. Meningkatnya asam urat karena ginjal tidak sanggup mengeluarkan asam urat melalui air
kemih," jelasnya.

Lebih lanjut Pengurus Besar PAPDI (Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) Medical Relief ini menjelaskan, berlebihnya asam urat dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh untuk membuang asam urat melalui urin, atau karena meningkatnya konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung banyak purin. Dan asam urat yang berlebih itu, cenderung akan terkumpul pada persendian, seperti lutut, jari, tangan, kaki dan lainnya.
Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD / LEWATI
 

No comments:

Post a Comment