Thursday 16 May 2013

Apel Mengatasi Beragam Penyakit



Apel, Mengatasi Beragam Penyakit

“ Makankah  apel setiap hari dan tubuh akan terhindar dari penyakit ". Demikian makna peribahasa Inggris, " An apple a day keeps the doctor away ". Di Negara - negara maju, seperti di Amerika dan Eropa, kalimat ini bukan saja sangat populer, tapi juga diyakini masyarakatnya, dengan mengonsum­si sebutir apel sehari, seseorang akan tetap se­hat. Bukan hanya penyakit ringan seperti flu dan diare yang bisa ditangkal dengan apel. tapi juga kanker, serangan jantung dan stroke. Luar biasa bukan?
Di dalam, buah ' meja ' ini terkandung banyak sekali zat yang bersifat mencegah atau menyembuhkan sejumlah penyakit. Tak heran, di berbagai negara maju, termasuk Amerika Serikat diproduksi obat yang disebut ' pil apel '.
Menurut para ilmuwan, salah satu kandu­ngan zat dalam buah apel mampu mengatasi insomnia. Christoph Hufeland, pakar obat­ - obatan alamiah, senantiasa menganjurkan pasien insomnia rajin makan apel.  Banyak bukti. para penderita insomnia bisa tidur nyenyak setelah mengonsumsi apel. Hal ini dimungkinkan karena dalam, buah apel terda­pat mineral magnesium plus kalsium  yang berkhasiat sebagai obat penenang alami. Dampaknya memang sangat positif, sebab se­lagi kita tidur, tubuh secara otomatis akan mereparasi seluruh sel yang telah aus, rusak atau yang mati, sehingga peredaran darah lancar dan tubuh menjadi kuat kembali.
Peneliti dari Amerika, Prof.Dr. Ancel Keys mengatakan, zat yang terkandung dalant apel mampu mengatur pembagian gula darah dalam tubuh, sehingga orang dapat tidur nyenyak setelah memakannya. Peneliti lain, Dr. Jeffry S. Hyams berpendapat, zat yang terkandung dalam apel mengatur perkem­bangan bakteri dalam usus, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan perta­hanan tubuh menjadi kuat.
Sementara Prof Josef Jagic dari Wina berpendapat, zat yang terkandung dalam apel mampu melarutkan garam dan air yang berlebihan di dalam tubuh. Menurutnya, apel sangat cocok untuk pasien tekanan darah ting­gi dan dapat mencegah sakit jantung.

Sumber gizi dan ohat
          Pemahaman mengenai apel sebagai ' obat ' sudah dikenal masyarakat sejak zaman ba­heula. Hipocrates, seorang dokter dari Yunani pada 460 - 377 SM, menganjurkan orang yang jantungnya lemah, usus dan ginjalnya bermasalah, supaya rajin makan apel. Para peneliti berpendapat, yang bertangung jawab terhadap efek menyehatkan dari apel tidal lain adalah antioksidan.
 Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD atau LEWATI

No comments:

Post a Comment