Saturday 18 May 2013

Bahan Bahan Berbahaya



Bahan - bahan Berbahaya
Formalin
Jika terhirup, mengenai kulit, dan tertelan, efek akut yang bisa se­gera terlihat antara lain luka ba­kar pada kulit, iri­tasi pada salur­an pernapasan, alergi, mual-mual, muntah, sakit perut, dan pusing. Efek kronik yang terlihat dalam jangka panjang antara lain gangguan pa­da pencernaan, hati, ginjal, pan­kreas, sistem saraf pusat, menstru­asi, dan kanker. Formalin dapat mematikan bila tertelan sampai dua sendok, atau sekitar 30 ml.

Boraks
Efek akut mengonsumsi makanan yang mengandung boraks, antara lain badan tidak enak, mual, nyeri hebat pada perut bagian atas, pendarahan gastro enteritis disertai muntah darah, diare, lemah, mengantuk, demam dan sa­kit kepala. Adapun efek kronik­nya antara lain nafsu ma­kan hilang, berat badan turun, gangguan pencernaan, anemia, kerusakan ginjal, serta kegagalan sistem sirkulasi akut, bahkan kematian.



Pewarna tekstil
Rhodamin B, jika terhirup, menge­nai kulit, mengenai mata, atau terte­lan dapat menimbulkan gangguan berupa iritasi pada saluran perna­pasan, serta iritasi pada kulit, mata, dan saluran pencernaan. Terpapar rhodamin B dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.
Methanil yellow, yang dipakai untuk pewarna kuning. Jika terhirup, mengenai kulit, mengenai mata, atau terte­lan dapat menimbulkan gangguan berupa iritasi pada saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan kanker pada kandung kemih dan saluran kemih.

Klorin
Antara lain menyebabkan penyakit jantung, atherosklerosis, anemia, tekanan darah tinggi, dan kanker.





Check List

PANGAN BERFORMALIN
Formalin (trioksimetilen, methanal, methylene oxide) merupakan cairan dari formaldehyde yang dicampur dengan sedikit alkohol. Larutan ini tidak berwarna, namun berbau menusuk. Formalin biasanya digunakan sebagai pengawet mayat, bahan baku lem kayu lapis atau melamin untuk furniture. Formalin juga biasa digunakan sebagai disinfektan, antiseptik, penghilang bau, fiksasi jaringan dan fumigan, dan kerap digunakan dalam indus­tri tekstil.
Adapun ciri-ciri makanan berformalin:
     Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD / LEWATI

 

No comments:

Post a Comment