Saturday 25 May 2013

BUAH BERI CEGAH KEPIKUNAN



BUAH BERI CEGAH KEPIKUNAN
KORANBOGOR.com, BOGOR – Bukan lansia saja yang dapat mengalami penurunan kognitif dan menyebabkan kepikunan, risiko pikun karena demensia atau penyakit Alzheimer pun kini telah mengincar seseorang di usia paruh baya. Tetapi untungnya risiko tersebut dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi buah beri.
Buah beri seperti bluberi dan stroberi diketahui memiliki manfaat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer karena kandungan flavonoid-nya. Flavonoid dapat melintasi penghalang aliran darah ke otak dengan mudah dan terbukti mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.
Sebuah studi baru baru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology menunjukkan bahwa penurunan kognitif ketika usia bertambah bisa tertunda hingga 2,5 tahun dengan mengonsumsi makanan yang kaya flavonoid seperti buah beri.
Studi sebelumnya telah menunjukkan efek positif dari konsumsi flavonoid buah beri, tetapi hanya terbatas pada studi hewan atau kelompok sampel yang sangat kecil. Penelitian ini adalah yang pertama kali menunjukkan pencegahan kritis dan sifat penyembuhan flavomoid terhadap demensia dan penyakit Alzheimer yang melibatkan lebih dari 100.000 orang dewasa dengan usia paruh baya.
Flavonoid adalah struktur bioaktif yang ditemukan pada tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat dan anti-inflamasi. Ahli nutrisi berteori bahwa stres dan peradangan dapat menyebabkan penurunan kognitif, tetapi efek berbahaya tersebut dapat digagalkan dengan meningkatkan konsumsi flavonoid.
Kepikunan yang disebabkan karena demensia dan penyakit Alzheimer kini semakin umum terjadi karena gaya hidup seseorang yang semakin buruk seperti paparan polusi, bahan kimia rumah tangga, dan diet yang tinggi gula dan lemak terhidrogenasi.
Baca Artikel Lengkapnya dalam Format PDF  DISINI

1 comment: