Sunday 19 May 2013

Waspadai Batuk Anda



Waspadai Batuk Anda
Batuk adalah penyakit yang biasa dialami oleh masyarakat. Semua orang pasti pernah mengalami batuk. Namun jangan sepelekan batuk yang Anda alami mungkin saja meru­pakan suatu penyakit, atau lebih tepatnya manifestasi dari suatu penyakit. Selain itu, batuk juga bisa karena alergi seseorang terhadap sesuatu.
"Pada dasarnya batuk adalah refleks dari tubuh untuk mengeluarkan virus atau kuman yang masuk ke tenggorokan. Ini merupakan reaksi tubuh terhadap lingkungannya.
Misalnya cuaca yang dingin, bakteri atau kuman," kata Dr H Chairuddin Adnan dari Pamulang Medical Center, Tangerang.
Karena batuk merupakan mekanisme per­tahanan yang bekerja dengan cepat, maka ketika batuk berarti kita tengah berupaya mengeluarkan sesuatu yang berada dalam saluran napas.
Lingkungan yang mempengaruhi seseorang untuk batuk adalah lingkungan yang dingin dan yang tingkat polusinya tinggi. Karena lingkungan dingin biasanya mempercepat kuman atau bakteri untuk berkembang biak. Itulah sebabnya batuk biasa terjadi pada musim hujan. Agar tidak batuk, hindari lingkungan seperti itu.
Untuk penanganan, hal paling efektif dan perlu dilakukan untuk mengobati batuk adalah menyembuhkan penyakit penyebab­nya. Sebab, bila penyakit penyebabnya tidak diobati, maka batuk akan terus terjadi. Maka itu, penanganan batuk berbeda-beda tergantung penyebabnya. Umumnya batuk dibedakan menjadi dua jenis, yakni batuk kering dan batuk dengan lendir.


Kering

Penderita batuk kering biasanya merasa sangat terganggu dan sakit pada waktu batuk. Untuk mengatasi batuk jenis ini, pen­derita dianjurkan untuk meminum obat batuk jenis antitusif. Obat batuk jenis ini dapat menghambat atau menekan batuk. Sedangkan, untuk penderita batuk dengan lendir, jenis obat yang perlu diberikan adalah jenis ekspektoran. Obat batuk jenis ini bisa merangsang pengeluaran lendir dan bahan iritan lainnya dari saluran napas.
Harus diperhatikan, obat batuk antitusif tidak dianjurkan untuk diminum oleh orang yang batuknya berlendir. Alasannya, bila obat batuk antitusif diminum penderita batuk dengan lendir, maka dahak akan makin sulit dikeluarkan. Ini karena obat batuk antitusif bersifat menekan batuk. Begitu pula sebaliknya. Batuk kering tak bisa diberi ekspektoran sebab batuk kering tak mengelu­arkan lendir.
Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD / LEWATI

No comments:

Post a Comment