Sunday 19 May 2013

Bedakan Batuk Pilek dan Flu



Kenali Perbedaan Batuk Pilek dan Flu

Pada cold tidak ada demam tinggi, apalagi sampai menggigil, dan tidak ada nyeri otot hebat.



Pagi cerah, bahkan siang hari panas sangat menyengat. Begitu sore mendung dan malamnya hujan, dan kadang deras. Itulah yang terjadi hari - hari belakangan ini. Padahal saat ini bulan Agustus yang pada tahun­ - tahun sebelumnya Agustus identik dengan panas terik tanpa hujan.

Iklim yang tidak menentu seperti itu mudah memicu sakit batuk-pilek dan flu. "Saya ingin meluruskan istilah flu yang sudah ada di masyarakat," tukas staf pengajar Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUL Dr Dianiati Kusumo Sutoyo, SpP(K), kepada wartawan pada acara relaunch Obat Batuk Decolsin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Titi, demikian Dianiati biasa dipanggil, mengatakan, masyarakat biasa menyebut gejala lokal saluran napas atas seperti batuk, pilek, bersin, dan sakit tenggorokan, sebagai flu. Padahal bukan itu. Yang diang­gap flu tadi adalah batuk-pilek, yakni suatu penyakit infeksi virus pernapasan yang tidak berbahaya, yang istilah medisnya common cold.

"Siapa pun bisa kena common cold, terutama sering terjadi pada usia anak. Walaupun berusaha tidak, ya tetap kena," ujar Titi. Itu karena common cold, yang sering dipendekkan menjadi cold, dise­babkan oleh virus yang sangat bervariasi, ada sekitar 200 strain (jenis). Yang paling sering menyerang manusia adalah jenis Rhinovirus (yang memiliki 100 strain) dan Coronavirus.



Jadi, kalau cold diobati dan obat tersebut tepat mengenai jenis virus penyebabnya, penderita dapat kebal terhadap jenis virus tersebut selama bertahun - tahun. Namun, tidak berarti penderita terbebas dari cold. Suatu saat dia bisa terkena jenis virus batuk-pilek yang lain.


"Itulah mengapa seseorang bisa terserang cold selama berkali - kali dalam setahun karena terinfeksi oleh virus yang berbeda - beda," ujar konsultan Bidang Imunologi Klinik Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) ini.


Karena itu, tidak ada vaksinasi untuk cold sebab terlalu banyak virus jenis dan penyebabnya serta sering virus tersebut bermutasi sehingga berubah jenisnya.

 Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD / LEWATI

No comments:

Post a Comment