Saturday 25 May 2013

BUAH BERRY MENGURANGI PARKINSON



BUAH BERRY MENGURANGI PARKINSON

Pria yang rajin makan stroberi dan blueri dapat mengurangi risiko Parkinson hingga 40 persen.

LONDON – Buah-buahan jenis berry, seperti stroberi, bluberi, dan blackcurrant, ternyata sangat membantu pria untuk mengurangi risiko penyakit parkinson. Kaum Adam yang memasukkan buah beri dalam pola makan atau diet hariannya dapat mengurangi risiko penyakit otak ini hingga 40 persen.
Dr Xiang Gao dari Harvard School of Public Health, salah satu pemimpin studi, mengatakan efek perlindungan utama bagi otak ini terutama berasal dari asupan anthocyanin--sejenis flavonoid--yang tinggi dalam berry dan buah-buahan dan sayuran lain, seperti terong.
Gao, seperti dikutip dari Mail Online, Kamis (05/04), mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah berry 'mungkin memiliki efek neuro-protektif.
Pria yang mengonsumsi satu porsi buah berry atau lebih setiap pekan mengurangi 24 persen risiko terserang Parkinson, dibandingkan yang tidak makan buah-buahan. Namun, studi tidak menemukan hubungan yang sama untuk asupan flavonoid total dalam perempuan.
Kerja bareng peneliti Inggris dan pakar Amerika Serikat ini adalah studi skala besar pertama yang melihat efek perlindungan flavonoid dan Parkinson. Penyakit neurologis progresif, yang juga diderita oleh legenda tinju dunia, Muhammad Ali, ini mempengaruhi 125.000 orang di Inggris. 

Baca Artikel lengkapnya dalam Format PDF  DISINI

1 comment: