Thursday 30 May 2013

Bawang Putih Berkhasiat Anti Kanker



Bawang Putih Berkhasiat Anti Kanker

Bawang putih ( Allium sativum ) atau sering disebut garlic sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu masakan. Tanaman ini juga berkhasiat secara empiris untuk  mengatasi berbagai pe­nyakit, Tanarnan ini me­ngandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai anti tumor.
Tanaman berbentuk rumput ini berumbi warna putih yang beraroma tajam. Bentuk daunnya panjang, kecil, dan pipih tanpa lubang di tengah. Kelopak - kelopak daunnya menyelimuti umbi dalam tanah sehingga menjadi umbi besar. Diyakini, bawang putih berasal dari Asia Tengah.
Bawang putih hanya dapat tumbuh baik di daerah dingin, seperti pegunungan atau dataran tinggi dengan iklim,sejuk tapi kering. Paling cocok, tanaman ini tumbuh di tanah gembur yang mengandung tanah endapan atau tanah liat. Untuk memperbanyak, dipakai umbi atau siungnya yang sudah meng­alami istirahat selama delapan bulan.
Dalam tanaman ini terkandung sejenis minyak atsiri yang baunya menyengat hidung, yaitu metil alil disulfida. Selain itu, bawang putih juga mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin B1 dan C, serta bebe­rapa enzim.
Potensi bawang putih juga sangat baik untuk mengo­bati dan mence­gah kanker. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh PT Totalcare Nutraceutical ( PTN ), mernperlihatkan aktivitas kemopreventif dengan menggunakan preparat bawang putih. Semua itu didapatkan dari ekstrak bawang putih segar, bawang putih kering, minyak bawang putih, dan beberapa komponen organosulfur derivat dari bawang putih.
Aktivitas kemopreventif ini didukung oleh komponen derivat bawang putih tersebut. Mekanisme kerjanya belum begitu dimenger­ti tapi sudah banyak laporan tentang tanam­an ini dari sejumlah penelitian. Dari peneli­tian itu juga diperlihatkan efek bawang putih terhadap obat enjim metabolisme sebagai antioksidan dan penghambatan pertumbuh­an tumor. Penelitlan itu difokuskan pada ak­tivitas bawang putih sehagai antimutagenik.
Artikel lengkapnya dalam format PDF dapat dibaca DISINI

No comments:

Post a Comment