Wednesday 15 May 2013

DELAPAN KEAJAIBAN LEBAH



Delapan Keajaiban Lebah
Hasil penelitian ahli arkeologi menunjukkan lebah madu sudah terdapat di dunia sejak zaman tersier atau kira-kira 56 juta tahun lalu. Terkait dengan rantai kehidupan di alam, makhluk berordo Hyme­noptera, famili Apidae, genus Apis, dan hidup dalam suatu keluarga be­sar yang disebut koloni ini, diakui ja­sanya dalam membantu proses penyerbukan berbagai tumbuhan. Se­rangga inilah yang membuat manu­sia bisa menyaksikan keindahan ber­juta jenis tanaman, aneka rupa bu­nga dan beragam pohon, serta me­nikmati bermacam rasa buah-buahan.
Jika dicermati, paling tidak ada delapan keajaiban yang dimiliki lebah:
Pertama, dari keragaman spesies dan habitatnya. Lebah madu terdiri dari beberapa spesies dengan ciri fi­sik dan "tempat mangkal" yang sa­ling berbeda: ada Apis dorsata atau lebah hutan, yang di Sunda disebut odeng, dengan daerah penyebaran di sekitar wilayah subtropis dan tro­pis Asia seperti Indonesia (dari Su­matra sampai Papua), Filipina dan sekitarnya. Selain itu, Apis laboriosa yang bisa dijumpai di daerah Pegu­nungan Himalaya.
Ada Apis indica atau Apis cerana alias lebah lokal, yang di Jawa Barat terkenal dengan nama nyiruan --je­nis ini diduga berasal dari daratan Asia, kemudian menyebar ke Afga­nistan, Cina, India, Korea, dan Je­pang-- dan Apisflorea merupakan spesies terkecil, yang tersebar mulai dari Timur Tengah, India, sampai Indonesia.

Ada pula Apis mellifera alias lebah Australia, yang banyak dijumpai di daratan Eropa seperti Prancis, Yuna­ni, Italia, dan sekitar Mediterania. Selain itu, juga Apis adonsond atau Apis unicolor yang tersebar luas di Benua Afrika, bagian utara Gurun Sahara sampai semenanjung Afrika di selatan, dan pantai barat hingga pantai timur Afrika.
 Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD atau LEWATI

No comments:

Post a Comment