Sunday 19 May 2013

Batuk dan Penanganannya



Batuk dan penanganannya

Aneka tanaman Obat Batuk
Selain obat kimia, banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Menurut sejumlah referensi, tanaman-tanaman yang bisa digunakan untuk obat batuk antara lain :
  • Wortel ( Daucus carota )
Wortel mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, betakaroten, dan glutation. Cara membuat ' obat batuk ' dari wortel adalah wortel diparut kemudian diperas dengan air panas hingga tiga perempat gelas. Ramuan ini diminum dua kali sehari.




  • Mengkudu (Morinda citrifolla)
Kandungannya berupa morindon, morindin, metil asetil, asam kapril, dan soranyidiol. Cara membuatnya, buah mengkudu ditambah jeruk nipis lalu diperas. Setanjutnya dimasukkan ke dalam dua gelas air panas lalu disaring. Ramuan ini diminum tiga kali sehari.



  • Jahe
Dalam jahe terkandung minyak atsiri, gingerol, resin, zat pati, dan gula. Cara membuatnya, jahe dibakar dan dimemarkan kemudian direbus bersama - sama adas, kayu manis, cengkeh, dan gula aren. Selanjutnya disaring dan diminum tiga kali sehari sebanyak empat sendok makan untuk dewasa. Sedangkan dosis untuk anak - ­anak adalah tiga kali sehari dua sendok makan.






  • Jeruk nipis ( Citrus aurantifolia )
Air perasan jeruk nipis ditambah madu bisa menjadi obat batuk. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, dan vitamin B1.





Artikel Selengkapnya dalam format Pdf dapat dilihat DISINI__Bila muncul pesan dari adfly  KLIK SKIP AD / LEWATI

No comments:

Post a Comment